Langsung ke konten utama

SISTEM TERTRIBUSI. BAB 2. KOMUNIKASI & BAB 3. PROSES



BAB II

KOMUNIKASI


 


1. Physical Layer

Ini adalah layer yang paling sederhana berkaitan dengan electrical (dan optical) koneksi antar peralatan. Data biner dikodekan dalam bentuk yang dapat ditransmisi melalui media jaringan, sebagai contoh kabel, transceiver dan konektor yang berkaitan dengan layer Physical. Peralatan seperti repeater, hub dan network card adalah berada pada layer ini.

2. Data-link Layer

Layer ini sedikit lebih "cerdas" dibandingkan dengan layer physical, karena menyediakan transfer data yang lebih nyata. Sebagai penghubung antara media network dan layer protocol yang lebih high-level, layer data link bertanggung-jawab pada paket akhir dari data binari yang berasal dari level yang lebih tinggi ke paket diskrit sebelum ke layer physical. Akan mengirimkan frame (blok dari data) melalui suatu network.Ethernet (802.2 & 802.3), Tokenbus (802.4) dan Tokenring (802.5) adalah protocol pada layer Data-link.


3. Network Layer



Tugas utama dari layer network adalah menyediakan fungsi routing sehingga paket dapat dikirim keluar dari segment network lokal ke suatu tujuan yang berada pada suatu network lain. IP, Internet Protocol, umumnya digunakan untuk tugas ini. Protocol lainnya seperti IPX, Internet Packet eXchange. Perusahaan Novell telah memprogram protokol menjadi beberapa, seperti SPX (Sequence Packet Exchange) & NCP (Netware Core Protocol). Protokol ini telah dimasukkan ke sistem operasi Netware. Beberaoa fungsi yang mungkin dilakukan oleh Layer Network :
Ø  Membagi aliran data biner ke paket diskrit dengan panjang tertentu
Ø  Mendeteksi Error
Ø  Memperbaiki error dengan mengirim ulang paket yang rusak
Ø  Mengendalikan aliran

4. Transport Layer

Layer transport data, menggunakan protocol seperti UDP, TCP dan/atau SPX (Sequence Packet eXchange, yang satu ini digunakan oleh NetWare, tetapi khusus untuk koneksi berorientasi IPX). Layer transport adalah pusat dari mode-OSI. Layer ini menyediakan transfer yang reliable dan transparan antara kedua titik akhir, layer ini juga menyediakan multiplexing, kendali aliran dan pemeriksaan error serta memperbaikinya.

5. Session Layer

Layer Session, sesuai dengan namanya, sering disalah artikan sebagai prosedur logon pada network dan berkaitan dengan keamanan. Layer ini menyediakan layanan ke dua layer diatasnya, Melakukan koordinasi komunikasi antara entiti layer yang diwakilinya. Beberapa protocol pada layer ini: NETBIOS: suatu session interface dan protocol, dikembangkan oleh IBM, yang menyediakan layanan ke layer presentation dan layer application. NETBEUI, (NETBIOS Extended User Interface), suatu pengembangan dari NETBIOS yang digunakan pada produk Microsoft networking, seperti Windows NT dan LAN Manager. ADSP (AppleTalk Data Stream Protocol). PAP (Printer Access Protocol), yang terdapat pada printer Postscript untuk akses pada jaringan AppleTalk.

6. Presentation Layer

Layer presentation dari model OSI melakukan hanya suatu fungsi tunggal: translasi dari berbagai tipe pada syntax sistem. Sebagai contoh, suatu koneksi antara PC dan mainframe membutuhkan konversi dari EBCDIC character-encoding format ke ASCII dan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Kompresi data (dan enkripsi yang mungkin) ditangani oleh layer ini.

7. Application Layer

Layer ini adalah yang paling cerdas , gateway berada pada layer ini. Gateway melakukan pekerjaan yang sama seperti sebuah router, tetapi ada perbedaan diantara mereka. Layer Application adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya.


BAB III
PROSES
 


3.I Thread
Thread adalah sebuah alur kontrol dari sebuah proses. Kontrol thread tunggal ini hanya memungkinkan proses untuk menjalankan satu tugas pada satu waktu. Banyak sistem operasi modern telah memiliki konsep yang dikembangkan agar memungkinkan sebuah proses untuk memiliki eksekusi multi-threads, agar dapat secara terus menerus mengetik dan menjalankan pemeriksaan ejaan didalam proses yang sama, maka sistem operasi tersebut memungkinkan proses untuk menjalankan lebih dari satu tugas pada satu waktu. Suatu proses yang multithreaded mengandung beberapa perbedaan alur kontrol dengan ruang alamat yang sama.

3.1.2 Treading Models
 
Ø  One-to-Many Model
Many-to-One model memetakan banyak user-level thread ke satu kernel thread. Pengaturanthread dilakukan di user space, oleh karena itu ia efisien tetapi ia mempunyai kelemahan yang samadengan user thread. Selain itu karena hanya satu thread yang bisa mengakses thread pada suatuwaktu maka multiple thread tidak bisa berjalan secara paralel pada multiprocessor . User-levelthread yang diimplementasi pada sistem operasi yang tidak mendukung kernel thread menggunakanMany-to-One model.


 
Gambar 3.2. One-To-Many


Ø  One-to-One Model
One-to-One model memetakan setiap user thread ke kernel thread. Ia menyediakan lebih banyakconcurrency dibandingkan Many-to-One model. Keuntungannya sama dengan keuntungan kernelthread. Kelemahannya model ini adalah setiap pembuatan user thread membutuhkan pembuatankernel thread. Karena pembuatan thread bisa menurunkan performa dari sebuah aplikasi makaimplmentasi dari model ini membatasi jumlah thread yang dibatasi oleh sistem. Contoh sistemoperasi yang mendukung One-to-One model adalah Windows NT dan OS/2.


  
Gambar 3.3. One-To-One

Ø  Many-to-Many Model
Many-to-many model multiplexes banyak user-level thread ke kernel thread yang jumlahnyalebih kecil atau sama banyaknya dengan user-level thread. Jumlah kernel thread bisa spesifik untuksebagian aplikasi atau sebagian mesin. Many-to-One model mengijinkan developer untuk membuatuser thread sebanyak yang ia mau tetapi concurrency tidak dapat diperoleh karena hanya satu threadyang bisa dijadwal oleh kernel pada suatu waktu. One-to-One menghasilkan concurrency yang lebihtetapi developer harus hati-hati untuk tidak menciptakan terlalu banyak thread dalam suatu aplikasi(dalam beberapa hal, developer hanya bisa membuat thread dalam jumlah yang terbatas ). Many-to-Many model tidak menderita kelemahan dari 2 model di atas. Developer bisa membuat user threadsebanyak yang diperlukan, dan kernel thread yang bersangkutan bisa bejalan secara pararel padamultiprocessor . Dan juga ketika suatu thread menjalankan blocking system call maka kernel dapatmenjadwalkan thread lain untuk melakukan eksekusi. Contoh sistem operasi yang mendukungmodel ini adalah Solaris, IRIX, dan Digital UNIX.


Gambar 3.4. Many-To-Many







Komentar

Postingan populer dari blog ini

1. JELASKAN PENGERTIAN PEMUDA

GAMBAR 1. PEMUDA A. PENGERTIAN PEMUDA Definisi yang pertama, Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang Mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang. Sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya. Secara internasional,WHO menyebut sebagai” young people” dengan batas usia 10-24 tahun, sedangkan usia 10-19 tahun disebut ”adolescenea” atau remaja. International Youth Year yang diselenggarakan tahun 1985, mendefinisikan penduduk berusia 15-24 tahun sebagai kelompok pemuda.   Definisi yang kedua, pemuda adalah individu dengan karakter yang dinamis, bahkan bergejolak dan optimis namun belum memiliki pengendalian emosi yang stabil. Pemuda menghadapi masa perubahan sosial maupun kultural. Sedangkan menurut draft RUU kepemudaan, Pemuda adalah mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun. Menilik dari si...

8. DEFINISI PYRAMID PENDUDUK MUDA, TUA, DAN STASIONER

Berikut ini adalah pembahasan tentang piramida penduduk yang meliputi pengertian piramida penduduk, macam macam piramida penduduk, Piramida penduduk bentuk kerucut atau limas, Piramida penduduk bentuk pucuk granat, Piramida penduduk bentuk kepala nisan, Piramida ekspansif, piramida konstruktif, piramida stasioner, piramida penduduk, jenis piramida penduduk, piramida penduduk muda, gambar piramida penduduk, bentuk piramida penduduk, piramida penduduk stasioner, jenis jenis piramida penduduk, gambar piramida penduduk muda, piramida penduduk tua, piramida penduduk ekspansif, piramida penduduk konstruktif, ciri ciri piramida penduduk, contoh piramida penduduk, ciri ciri piramida penduduk muda, ciri ciri piramida penduduk stasioner, gambar piramida penduduk tua. Pengertian Piramida Penduduk Piramida penduduk adalah diagram batang komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin dan umur yang disusun horizontal.  Tersusun dari garis atau koordinat vertikal yang digunakan untuk me...

SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN

BAB I SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN 1.         Definisi Sistem Berbasis Pengetahuan Sistem Berbasis Pengetahuan diturunkan dari istilah  knowledge based expert system . Sistem ini merupakan sistem yang menggunakan pengetahuan manusia yang telah disimpan dalam komputer untuk menyelesaikan permasalahan yang memerlukan kepakaran seorang ahli (Buliali, dkk., 2007) Sistem Berbasis Pengetahuan atau  Sistem Pakar  merupakan salah satu cabang dari AI dimana dalam dunia komersial disebut dengan sistem yang dapat secara efektif dan efisien melaksanakan tugas yang tidak terlalu memerlukan pakar. Sistem Berbasis Pengetahuan dikenal juga dengan sistem penasihat, sistem pengetahuan, sistem bantuan kerja cerdas atau sistem operasional (Turban, dkk., 2005) . Sistem Berbasis Pengetahuan atau Sistem Pakar adalah  program pemberi advis/nasehat   yang terkomputerisasi yang ditujukan untuk meniru proses  reasoning  (pertimb...