Langsung ke konten utama

Soal Ilmu Sosial Dasar

Soal Jawab Mata Kuliah ISD                                                  Dosen : Nuryanto, ST, MT
Nomor urut Absen = 10                
Nama : Fajar Hariawan 1B116041

Soal : 90 – 100
90. Partisipasi Bank Duniadalam pembangunan di indonesia, khususnya dalam meningkatkan produksi pertanian diwujudkan dalam ?.
A. Membantu pembiayaan waduk dan sarana irigasi teknis di jatiluhur  dan bendungan saguling;
B. Membantu pembiayaan waduk dan sarana irigasi teknis di asahan.
C. Membantu pembiayaan waduk citarum dijawabarat
D. Membantu pembiayaan waduk gajah mungkur di jawa timur.

91. Dalam usaha memanfaatkan kayu-kayu rimba dikawasan hutan untuk keperluan industri hendaknya dijaga kelestarian ekosistemnya dengan?.
A. Baik hutan rimba tropis maupun hutan kultur pengolahannya dapat diatur dengan sistem relation corp ( sistem tanam secara rotasi )
B. baik hutan rimba tropis maupun kultur pengolahannya dapat diatur dengan sistem rolation corps
C. a, b Benar
D. a, b Salah

92. Esensi masalah penduduk adalah?.
A. Bagaimana penduduk dunia dapat terbebas dari kemiskinan.
B. Pertambahan penduduk yang meningkat dengan cepat cenderung tidak terkendali.
C. Meningkat dengan cepat pertambahan angka kelahiran yang diringi dengan berkurangnya sumber2 pangan dunia.
D. Bagaimana mengatur keluarga berencana.

93. Negara – negara Uni Soviet, Perancis dan Jerman Barat mengalami problem?.
A. Kekurangan penduduk berumur usia muda dan kelebihan penduduk usia kerja;
B. Terlalu banyak usia lanjut dan kekurangan penduduk usia kerja;
C. Kekurangan penduduk usia sebagai pengganti generasi penerus;
D. Kelebihan penduduk usia muda dan kekurangan penduduk usia kerja;

94. Anak-anak sekolah di benua amerika latin Afrika dan asia sebanyak 50% tidak dapat menikmati jenjang pendidikan formal karena?.
A. Bersumber dari sifat2 malas.
B. sebagian akibat dari derita kemiskinan.
C. kurang motivasi dan bimbingan dari pada orang tuanya.
D. merupakan masalah yang biasa.

95. Penggundulan kawasan hutan secara liar di daerah hutan yang memiliki hulu-hulu sungai akan mendatangkan?.
A. Bencana alam tidak saja disekitar wilayah hutantetapi juga didaerah hilir.
B. Bencana alam hanya disikitar hutan.
C. Bencana alam di daerah-daerah hilir.
D. a, b, c Benar.

96. Penggunaan Sumber-sumber alam yang terlalu boros oleh manusia membawa akibat ?.
A. Mempercepat terkurangnya sumber2 alam;
B. Mempercepat explosi di darat.
C. Memoercepat explosi di laut.
D. a, b ,c Benar

97. Pertambahan penduduk secara ekponensial ?.
A. Menguras bahan pangan, sumber-sumber alam dan juga medatangkan polusi;
B. Mendatangkan polusi saja;
C. Menguras bahan pangan dan sumber alam saja;
D. a, b, c Benar;

98. Anak-anak usia sekolah dipedesan-pedesaan negara2 berkembangan akibat penderitaan kemiskinannya ?.
A. 50% anak-anak usia sekolah tidak dapat menikmati pendidikan formal;
B. 58% anak-anak usia sekolah tidak dapat menikmati pendidikan non formal;
C. 50% anak-anak usia sekolah dapat menikmati pendidikan non formal;
D. 39,1% tidak dapat mengikuti pendidikan formal pada tingkat SD maupun SMTP;

99. Program pengobatan ORT akan lebih berhasil apabila ?.
A. Dilakukan secara monotherapy tanpa keikutan peserta lain.
B. dilakukan kerja sama dengan dengan program keberhasilan lingkungan.
C. Dilakukan bekerja samadengan program penggunaan ASI dan program gizi.
D. Dilakukan kerjasama dengan b, c

100. Penggunaan dan penghematan sumber-sumber alam yang tidak tergantikan umat manusia, seharusnya :
A. Dipergunakan sesuai dengan kebutuhan;
B. Dipergunakan sesuai dengan kebutuhan, sambil membuat dan memakai bahan2 pengganti;
C. Menggali sumber-sumber daya lama yang lain;
D. Pernyataan a, b, c benar


ket ; jawaban huruf berwarna merah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

9. SEBUTKAN DAN JELASKAN POTENSI-POTENSI GENERASI MUDA

Sebutkan potensi-potensi yang terdapat pada generasi muda yang perlu dikembangkan ! ? Masa depan suatu bangsa terletak ditangan generasi muda, karena merekalah yang akan membangun dan menggantikan pemimpin bangsa sebelumnya. Pemuda merupakan generasi yang mempunyai harapan untuk membangun negeri ini, namun dilain sisi banyak sekali masalah-masalah yang menghadang, apabila tidak ditanggapi dengan serius maka mengakibatkan kehilangan fungsi sebagai generasi penerus bangsa. Pemuda memiliki banyak potensi untuk membangun negeri ini, antara lain : Dinamika dan Kreatifitas. Dengan adanya sikap idealisme dan daya kritis yang kuat, berarti generasi muda dapat menimbulkan kreatifitas dan dinamika dalam tatanan berupa perubahan, pembaruan, dan menyempurnakan kekurangan yang ada Keberanian Mengambil Resiko. Dalam upaya pembangunan pasti akan ada resiko resiko yang akan timbulnya, seperti melesetnya jadwal pembangunan, terhambat, atau bahkan gagal. Kaum muda dengan

16. JELASKAN MENGENAI 8 PRANATA SOSIAL YANG ADA DI MASYRAKAT

Macam – macam Pranata Berapakah jumlah pranata yang ada dalam suatu masyarakat? Hal itu tegantung pada sifat sederhana atau sifat kompleksnya kebudayaan yang hidup dalam masyarakat bersangkutan. Makin menjadi besar dan kompleks sesuatu masyarakat berkembang, makin bertambah pula jumlah pranata yang timbul di dalamnya. Para ahli sosiologi telah melakukan berbagai macam penggolongan atas jumlah pranata itu. Penggolongan berdasarkan atas fungsi dan pranata – pranata untuk memenuhi keperluan – keperluan hidup manusia sebagai masyarakat, memberikan kepada kita sekedar pengertian mengenai jumlah dan berbagai macam pranata yang ada dalam suatu masyarakat yang besar dan kompleks. Menurut para sarjana, semua pranata dapat dikelaskan ke dalam paling sedikit delapan golongan, yaitu : 1)    Pranata yang berfungsi untuk memenuhi keprluan kehidupan, kekerabatan, yaitu yang sering disebut  kinship  atau domestic institution. Contoh : perkawinan, tolong menolong antar kekerabatan, pengasuhan an

6. JELASKAN POLA DASAR PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN GENERASI MUDA

Generasi muda merupakan generasi penerus perjuangan bangsa dan sumber daya insani bagi pembangunan nasional, generasi muda diharapkan dapat memikul tugas dan tanggung  jawab untukkelestarian kehidupan bangsa dan negara. Untuk itu generasi muda perlu mendapatkan perhatian khusus dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat tumbuh dan berkembang cara wajar baik jasmani, rohani maupun sosialnya. Pola dasar pembinaan dan pembangunan generasi muda ditetapkan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuannya agar semua pihak yang turut serta dan berkepentingan dalam penanganannya benar-benar menggunakannya sebagai pedoman sehingga pelaksanaannya dapat terarah, menyeluruh dan terpadu serta dapat mencapai sasaran dan tujuan yang dimaksud. Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda disusun berlandaskan: A. Landasan idil (Pancasila) B. Landasan Konstitusional (UUD 1945) C. Landasan Strategi (Garis-garis besar haluan negara) D. Landasan Histories (Sumpah Pemuda dan P