Langsung ke konten utama

SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, meliputi : memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.


A. Sejarah Teknologi Informasi

  1. Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)Di Masa Pra-sejarah, Manusia menggambar apa yang mereka rasakan lewat indra mereka di Di dinding gua dan bebatuan tinggi. Pada masa itu manusia berkomnunikasi antar sesama melalui bahasa tubuh dan suara dengusan. Perkembangan selanjutnya, mereka menumakan alat untuk berkomunikasi dari alam, seperti gendang, sangkakala, dan asap.

  1. Masa Sejarah​
    • 3000 SM
    Manusia mulai mengenal simbol atau tulisan
    • 2900 SM
    Bangsa Mesir Kuno sudah mengenal dan menggunakan huruf yang disebut Hierogliph
    • 500 SM
    ​Manusai Menggunakan serat papyrus yang berasal dari pohon Papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini  dijadikan media menulis/media informasi.
    • 1455
    Manusia sudah menggunakan mesin cetak yang berupa plat huruf yang tebuat dari besi. Kemudian plat tersebut diganti dengan bingkai yang tebuat dari kayu yang dikembangkan dikembangkan untuk pertama kali oleh Johann Gutenberg.
    • 1800-an
    1830, Augusta Lady Byron pertama menulis program komputer yang berkerjasama dengan Charles Babbage.
    Mereka menggunakan mesin analytical. Mesin analytical  dengan  programnya didesain untuk mampu menerima data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu.
    1837,Samuel Morse mengembangkan telegraph dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone.
    1861, Inovasi Samuel Goodale untuk memproyeksikan gambar begerak ke dalam sebuah layar untuk yang pertama kali di gunakan. Penemuan ini merupakan cikal bakal teknologi film sekarang.
    1876, Melvil Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal.
    1877, Alexander Graham Bell mengembangkan telepon yang dipergunakan secara umum. Pada tahun yang sama, fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge.
    • 1900-an
    1923, Zvorkyn menciptakan tabung TV (Televisi).
    1940, Magnetic tape untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen
    militer dalam bidang informasi pada masa perang dunia II.
    1945, Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext.
    1946, Komputer digital pertama didunia yaitu ENIAC I dikembangkan.
    1948, Transistor mulai dikembangakan para peneliti di Bell Telephone.
    1957, Jean Hoerni mengembangkan transistor planar.
    1962, Rand Paul Barand mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi untuk mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.
    1969, Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 gedung, antara University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara,
    dan University of Utah dengan kekuatan 50Kbps.
    1972, Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama.
    1973 – 1990, Iistilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP.
    1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan
    kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
    1986, Organisasi bernama IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat
    koordinasi untuk Departemen Milter AS.
    1991, Organisasi CERN menanggulangi biaya operasionalnya dan memungut bayaran dari para anggotanya, ini menjadi cikal bakal sistem bisnis dalam bidang IT.
    1992, Cern membentukan komunitas Internet, dan diperkenalkannya istilah WWW(World Wide Web)
    1993, Agensi pemerinta As bernama NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database, jasa registrasi, dan jasa informasi
    1995, Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone, langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
     B. Perkembangan Komputer
    Perkembangan Komputer secara umum terdiri dari lima Generasi​
    1. Generasi Pertama 
    Komputer Generasi pertama bernama ENIAC, . Komputer bermassa 30 ton, panjang 30 meter dan tinggi 2,4 meter. Membutuhkan daya listrik sebesar 174 kilowatt. ENIAC terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder
    1. Generasi Ke-dua
    Komputer generasi kedua telah memakai transistor, yang mengganti tabung vakum pada komputer gen pertama, sehingga ukuran dan daya yang diperlukan lebih kecil, contohnya IBM 1401
    1. Generasi Ke-tiga
    Komputer Generasi Ketiga menggunakan IC ((Integrated Circuit) untuk menggantikan Transistor, dan pada komputer tersebut sudah memakai Chip Tunggal Semi-Konduktor dan berbasis Sistem Operasi, contohnya IBM System/360
    1. Generasi Ke-empat
    Komputer Generasi keempat menggunakan LSI (Kumpulan dari chip), kemudian VLSI (kumpulan LSI), dan digantikan oleh ULSI (kumpulan dari VLSI), sehingga lahirlah chip yang dikenal micro-processor yaitu Intel 4004, dan komputer PC pertama dari IBM dan komputer komputer lain terus dikembangkan sampai saat ini.

    C. Perangkat Komputer
    Perangkat Komputer Terdiri dari dua, yaitu :
    1. Perangkat Keras Komputer
    Perangkat Keras Komputer atau yang sering disebut Hardware pada komputer yaitu seperangkat alat nyata (fisik dari komputer) yang berhubungan agar komputer tersebut dapat digunakan dengan baik, contohnya, Motherboard, Microprocessor, Random Access Memory, Hard Disk Drive, Keyboard, Mouse, Monitor, dll
    1. Perangkat Lunak
    Perangkat Lunak Komputer atau yang sering disebut Software pada komputer yaitu seperangkat yang abstrak ( ada, tapi tidak berwujud nyata (tidak dapat di pegang)), yang yang disimpan secara digital di dalam komputer. contohnya Sistem Operasi, Program Aplikasi, Program Utility, Bahasa Pemograman, dll

    D. Pemanfaatan Sistem/Teknologi Informasi
    Pemanfaatan Sistem/Teknologi Informasi terdapat di berbagai bidang
    • Bidang Pendidikan : Pelajar, Pengajar, dan Masyarakat umum makin cepat dan bebas untuk mengatahui dan mencari suatu Informasi
    • Bidang Kesehatan : Dapat mengetahui indikasi penyakit yang di alami sesorang, dan cara untuk mengatasi penyakit tersebut
    • Bidang Sosial Budaya : Mampu Melestarikan Budaya yang ada, serta mempromosikan kepada orang banyak
    • Bidang Pertahanan : Mempermudah transaksi data militer untuk meninggkatkan pertahanan
    • Bidang Pemerintahan : Menjadi akses untuk masyarakat dalam penyampaian apresiasi.

    PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK
    Diatas sudah dijelaskan tentang Komponen Perangkat keras dan Perangkat Lunak secara umum, disini akan dibahas tentang kedua perangkat tersebut

    1. Pemahaman Komponen Perangkat Keras​
    • INPUT : Merupakan komponen perangkat keras yang berfungsi untuk memasukan perintah kedalam komputer, contohnya : Mouse, Keyboard, Scanner, dll
    • PROSES : Merupakan komponen peangkat keras yang berfungsi mengolah masukan data dari perintah input, contohnya, microprocessor, Memory, Motherboard, Register
    • Kontrol : Control Unit, merupakan komponen yang mengatur suatu tindakan yang dilakukan oleh ALU,
    • Penyimpanan : Merupakan Komponen yang menyimpan hasil dari proses, contohnya: Hard Disk Drive, Flash disk, Floppy disk.
    • Output : Merupakan komponen yang mengeluarkan hasil dari proses. contohnya : Printer, Speaker, Plotter,  Projector, Monitor. 

    2. Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
    • Evolusi Perangkat Lunak
    1. 1950 -1960-an
    -  Berorientasi pada bacth
    - Distribusinya terbatas
    - Pembuatan Khusus
    2. 1960an – 1980
    - Dapat digunakan oleh lebih dari satu orang disaat yang sama 
    - Dapat digunakan kapan saja
    - Sudah memakai database
    - Keluarnya produk perangkat lunak
    3. 1980 - 1990an
    - Tersebar dari komputer induk ke komputer lainnya
    - Penambahan "kecerdasan"
    - Harga yang murah
    4. 1990an - ....
    - Penerapan kecerdasan buatan
    - Pengadopsian pemikiran manusia kedalam perangkat lunak
    - Pemorsesan pararel, sehingga penggunaan waktu lebih optimal
    • Klasifikasi Perangkat Lunak
    • Perangkat Lunak Sistem
    - Bahasa Pemrogramman​
    Bahasa yang memuat Instruksi perintah perintah untuk membuat sebuah program, contohnya C++, Java, Cobol, Visual Basic, dll​
    - Sistem Operasi
    Perangkat Lunak yang menjadi jembatan antara Hardware dan Software, Windows,Linux, Mac, dll
    - Utility
    Perangkat lunak yang menyelesaikan permasalahan dalam sebuah sistem operasi, contoh, uninstaller, registry cleaner, Disk Defragment, Antivirus, dll
    Perangkat Lunak Aplikasi
    - Aplikasi Office
    Perangkat lunak yang dibuat seperti pekerjaan di kantor, pengolahan kata, data, dan presentasi, contohnya Microsoft office, Open Office, LibreOffice, dll
    - Aplikasi Multimedia
    Perangkat lunak yang mengelolah media informasi, seperti gambar, audio dan video,
    contohnya Paint, Winamp, VLC Player, dll
    - Aplikasi Internet 
    Perangkat lunak untuk mengakses internet, contohnya Web Browser, Aplkasi chatting, Penyimpanan berkas berbasis internet.

REFERENSI :

http://evangelino.weebly.com/blog/sejarah-perkembangan-sistem-teknologi-informasi
https://pakteo.wordpress.com/2011/04/11/teknologi-informasi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komputer
​http://elfazri.blogspot.co.id/2011/01/contoh-pemanfaatan-teknologi-informasi.html
https://sweetestplace.wordpress.com/2013/09/18/alat-input-output-dan-proses-komputer/
https://trisnowlaharwetan.wordpress.com/2010/03/11/evolusi-perangkat-lunak/
http://ilmuyang-bermanfaat.blogspot.co.id/2013/02/klasifikasi-perangkat-lunak-software.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

9. SEBUTKAN DAN JELASKAN POTENSI-POTENSI GENERASI MUDA

Sebutkan potensi-potensi yang terdapat pada generasi muda yang perlu dikembangkan ! ? Masa depan suatu bangsa terletak ditangan generasi muda, karena merekalah yang akan membangun dan menggantikan pemimpin bangsa sebelumnya. Pemuda merupakan generasi yang mempunyai harapan untuk membangun negeri ini, namun dilain sisi banyak sekali masalah-masalah yang menghadang, apabila tidak ditanggapi dengan serius maka mengakibatkan kehilangan fungsi sebagai generasi penerus bangsa. Pemuda memiliki banyak potensi untuk membangun negeri ini, antara lain : Dinamika dan Kreatifitas. Dengan adanya sikap idealisme dan daya kritis yang kuat, berarti generasi muda dapat menimbulkan kreatifitas dan dinamika dalam tatanan berupa perubahan, pembaruan, dan menyempurnakan kekurangan yang ada Keberanian Mengambil Resiko. Dalam upaya pembangunan pasti akan ada resiko resiko yang akan timbulnya, seperti melesetnya jadwal pembangunan, terhambat, atau bahkan gagal. Kaum muda dengan

16. JELASKAN MENGENAI 8 PRANATA SOSIAL YANG ADA DI MASYRAKAT

Macam – macam Pranata Berapakah jumlah pranata yang ada dalam suatu masyarakat? Hal itu tegantung pada sifat sederhana atau sifat kompleksnya kebudayaan yang hidup dalam masyarakat bersangkutan. Makin menjadi besar dan kompleks sesuatu masyarakat berkembang, makin bertambah pula jumlah pranata yang timbul di dalamnya. Para ahli sosiologi telah melakukan berbagai macam penggolongan atas jumlah pranata itu. Penggolongan berdasarkan atas fungsi dan pranata – pranata untuk memenuhi keperluan – keperluan hidup manusia sebagai masyarakat, memberikan kepada kita sekedar pengertian mengenai jumlah dan berbagai macam pranata yang ada dalam suatu masyarakat yang besar dan kompleks. Menurut para sarjana, semua pranata dapat dikelaskan ke dalam paling sedikit delapan golongan, yaitu : 1)    Pranata yang berfungsi untuk memenuhi keprluan kehidupan, kekerabatan, yaitu yang sering disebut  kinship  atau domestic institution. Contoh : perkawinan, tolong menolong antar kekerabatan, pengasuhan an

6. JELASKAN POLA DASAR PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN GENERASI MUDA

Generasi muda merupakan generasi penerus perjuangan bangsa dan sumber daya insani bagi pembangunan nasional, generasi muda diharapkan dapat memikul tugas dan tanggung  jawab untukkelestarian kehidupan bangsa dan negara. Untuk itu generasi muda perlu mendapatkan perhatian khusus dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat tumbuh dan berkembang cara wajar baik jasmani, rohani maupun sosialnya. Pola dasar pembinaan dan pembangunan generasi muda ditetapkan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuannya agar semua pihak yang turut serta dan berkepentingan dalam penanganannya benar-benar menggunakannya sebagai pedoman sehingga pelaksanaannya dapat terarah, menyeluruh dan terpadu serta dapat mencapai sasaran dan tujuan yang dimaksud. Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda disusun berlandaskan: A. Landasan idil (Pancasila) B. Landasan Konstitusional (UUD 1945) C. Landasan Strategi (Garis-garis besar haluan negara) D. Landasan Histories (Sumpah Pemuda dan P