BAB I
SISTEM
BERBASIS PENGETAHUAN
1.
Definisi Sistem Berbasis Pengetahuan
Sistem Berbasis Pengetahuan
diturunkan dari istilah knowledge based expert system. Sistem ini
merupakan sistem yang menggunakan pengetahuan manusia yang telah disimpan dalam
komputer untuk menyelesaikan permasalahan yang memerlukan kepakaran seorang
ahli (Buliali, dkk., 2007)
Sistem
Berbasis Pengetahuan atau Sistem Pakar merupakan
salah satu cabang dari AI dimana dalam dunia komersial disebut dengan sistem
yang dapat secara efektif dan efisien melaksanakan tugas yang tidak terlalu
memerlukan pakar. Sistem Berbasis Pengetahuan dikenal juga dengan sistem
penasihat, sistem pengetahuan, sistem bantuan kerja cerdas atau sistem operasional
(Turban, dkk., 2005).
Sistem
Berbasis Pengetahuan atau Sistem Pakar adalah program
pemberi advis/nasehat yang
terkomputerisasi yang ditujukan untuk meniru proses reasoning (pertimbangan)
dan pengetahuan dari pakar dalam menyelesaikan permasalahan masalah yang lebih
spesifik (Irfan Subakti, 2006).
Sistem
Pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer,
agar komputer dapat menyelesaikan seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli
(Sri Kusumadewi, 2003).
Sistem
Pakar dibuat pada wilayah pengetahuan tertentu untuk sesuatu kepakaran tertentu
yang mendekati kemampuan manusia disalah satu bidang. Sistem Pakar mencoba
mencari solusi yang memuaskan sebagaimana yang dilakukan seorang pakar. Selain
itu Sistem Pakar juga dapat memberikan penjelasan terhadap langkah yang diambil
dan memberikan alasan atas saran atau kesimpulan yang ditemukannya. Bidang ini
digunakan lebih banyak daripada penggunaan bidang-bidang Kecerdasan Buatan lainnya.
Sistem Pakar menarik minat yang besar dalam suatu organisasi disebabkan
kemampuannya dalam meningkatkan produktifitas dan dalam meningkatkan gugus
kerja di berbagai bidang tertentu dimana pakar manusia akan mengalami kesulitan
dalam mendapatkan dan mempertahankan kemampuan itu.
2.
Sejarah Sistem Berbasis Pengetahuan
Sistem Pakar petama kali
dikembangkan oleh komunitas AI (Artificial Intellegence) pada
pertengahan tahun 1956. Sistem Pakar yang muncul pertama kali adalah General-purpose
Problem Solver (GPS) yang dikembangkan oleh Newel dan Simon (Sri
Kusumadewi, 2003). GPS dan program-program serupa ini mengalami kegagalan
dikarenakan cakupannya yang terlalu luas sehingga terkadang justru meninggalkan
pengetahuan-pengetahuan penting yang seharusnya disediakan.
Pertengahan
tahun 1960-an, terjadi pergantian dari program serba bisa (general-purpose)
ke program yang spesialis (special-purpose) dengan dikembangkannya DENDRAL oleh E.Feigenbauh dari Universitas
Stanford dan kemudian diikuti oleh MYCIN.
Awal tahun 1980-an, teknologi Sistem Pakar
yang mula-mula dibatasi oleh suasana akademis mulai muncul sebagai aplikasi
komersial, khususnya XCON, XSEL (dikembangkan dari R-1 pada Digital Equipment
Corp.) dan CATS-1 (dikembangkan oleh General Electric). Sistem Pakar dari tahun
ketahun selalu mengalami perkembangan.
3.
MENGAPA DIBUTUHKAN
A.
Meningkatkan
ketersediaan pakar
B.
Kepakaran: sulit
diperoleh, jumlah sedikit,mahal. SBP/ES: Produksi dan distribusi masal
kepakaran
C.
Menjaga kepakaran
bersifat permanen
D.
Performansi lebih baik
dari pakar manusia: stabil, unemotional, respon reasonable
E.
Meningkatkan confidence
keputusan
Ø Output SBP: pendapat kedua
Ø Penjelasan detil reasoning →pakar
manusia mungkin tidak mau/tidak dapat melakukannya
F.
Intelligent tutor
G.
Mengevaluasi pengetahuan
pakar: correctness, consistency, Completeness
4.1.
Sistem Berbasis Pengetahuan dan
Sistem Pakar
-
Sistem Berbasis Pengetahuan
:
Ø Sistem yang melakukan task dengan
mengaplikasikan pengetahuan dalam representasi simbolik
-
Sistem pakar:
Ø simulasi pakar: pengetahuan dan
penalaran
Ø sistem komputer yang meniru
kemampuan pengambilan keputusan pakar pada domain tertentu.
1.
DEFINISI SISTEM PAKAR
-
Sistem komputer yang
dapat melakukan penalaran terhadap persoalan tertentu seperti penalaran yang dilakukan
manusia (Michael P. Geografi)
-
Sistem Komputer yang
bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar (Giarratano dan Riley)
-
Program komputer yang
dimanfaatkan untuk meniru proses pengambilan keputusan seorang pakar dalam bidang
tertentu (Michael W. Parks)
Etc.
2.
TUJUAN DAN FUNGSI SISTEM PAKAR
Ø
Memasyarakatkan
Pengetahuan dan Pengalaman seorang Pakar dapat digunakan non-expert untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan oleh expert sebagai knowledgeable
assistant
Ø Menyederhanakan pekerjaan dan
memperbaiki kualitas
Ø Memecahkan masalah (sederhana) tanpa
kehadiran seorang Pakar.
3.
EXPERTISE ATAU KEPAKARAN
Meliputi pengetahuan tentang :
Ø Fakta-fakta dan teori-teori tentang
bidang permasalahan
Ø Aturan-aturan (heuristic) tentang
apa yang harus dikerjakan dalam situasi tertentu
Ø Strategi global untuk memecahkan
permasalahan semacam ini
Ø
Pengetahuan tentang pengetahuan (meta knowledge).
4.
PAKAR
-
Melibatkan kegiatan :
Ø
Mengenali dan memformulasikan permasalahan
Ø
Memecahkan permasalahan secara cepat dan tepat
Ø
Menerangkan pemecahannya
Ø
Belajar dari pengalaman
Ø
Merestrukturisasi pengetahuan
Ø
Memecahkan aturan-aturan
Ø
Menentukan relevansi
5.
KOMPONEN UTAMA SISTEM
PAKAR
A.
User Interface
Ø
Interaksi dengan
end-user
Ø
Pengembangan dan pemeliharaan sistem
B.
Knowledge Base
Ø
Berisi informasi penting tentang domain permasalahan
Ø
Menyatakan fakta dan aturan
C.
Inference Engine
Ø
Mekanisme untuk
memunculkan pengetahuan baru dari pengetahuan sistem dan informasi yang
diberikan oleh user
Ø
Berdasarkan penggunaan aturan
6.
USER INTERFACE
A.
Input expert system
Ø Input dapat berbentuk menu, perintah
(command), bahasa alamiah, dialog box
B.
Output expert system
Ø Penjelasan dari pertanyaan
Ø Penjelasan dari penyelesaian masalah
7.
KNOWLEDGE BASE
Contoh aturan :
Ø Jika suhu 39 dan trombosit menurun
tajam maka demam berdarah (0.7)
Jaringan aturan :
INFERENCE ENGINE
8.
DEVELOPMENT ENGINE
A.
Bahasa pemrograman
Ø
LISP, Prolog
B.
Contoh program sistem pakar Mycin
Ø
Dikembangkan oleh Edward Shortliffe (peneliti) &
Stanton Axline (dokter)
Ø
Mycin diciptakan untuk mendiagnosa penyakit menular
tertentu Peran sistem analis
Ø
Mengerti bagaimana pakar menerapkan pengetahuan mereka
dalam memecahkan masalah
Ø
Mampu mengekstrasi penjelasan mengenai pengetahuan dari
pakar
9.
KONSEP UMUM DAN KARAKTERISTIK SISTEM
PAKAR
A.
Akusisi pengetahuan
Ø Transfer pengetahuan dari manusia ke
komputer
Ø Kadang pengetahuan dipelajari
langsung oleh sistem dari lingkungan
Ø Machine learning
B.
Representasi pengetahuan
Ø Mempermudah untuk menyimpan dan
memroses pengetahuan di komputer
C.
Inferensi
Ø Mekanisme untuk menghasilkan
kesimpulan baru dari pengetahuan di komputer Penjelasan
Ø Menjelaskan ke pengguna bagaimana
dan mengapa sebuah solusi dihasilkan.
10.
Ada
beberapa contoh Sistem Pakar yang pernah dibuat :
1. MYCIN
Memberikan diagnosa dan solusi pengobatan penyakit.
Memberikan diagnosa dan solusi pengobatan penyakit.
2. MACSYMA
Menangani masalah matematika.
Menangani masalah matematika.
3. DENDRAL
Mengidentifikasi struktur molekular campuran yang tidak dikenal.
Mengidentifikasi struktur molekular campuran yang tidak dikenal.
4. XCON&XSEL
Membantu konfigurasi sistem komputer besar.
Membantu konfigurasi sistem komputer besar.
5. SOPHIE
Melakukan analisis sirkuit elektronik.
Melakukan analisis sirkuit elektronik.
6. Prospector
Membantu mencari dan menemukan deposit dalam geologi.
Membantu mencari dan menemukan deposit dalam geologi.
7. FOLIO
Membantu memberikan keputusan bagi seorang manajer dalam hal stok broker dan investasi.
Membantu memberikan keputusan bagi seorang manajer dalam hal stok broker dan investasi.
8. DELTA
Pemeliharaan lokomotif disel.
Pemeliharaan lokomotif disel.
11.
JANGAN GUNAKAN Sistem Berbasis
Pengetahuan Jika :
Ø
Program konvensional lebih efisien
Ø
Tantangan utamanya komputasi, bukan pengetahuan
Ø
Pengetahuan tidak bisa didapatkan dengan mudah
Ø
Pengguna mungkin enggan mengaplikasikan sistem pakar
untuk task yang kritis
REFERENSI
1.
Dym, Clive L & Levitt, Raymond E, Knowlegde-Based
Systems in Engineering, McGraw-Hill, Singapore, 1991
2.
Endra Pitowarno, Robotika: Disain,
Kontrol, dan Kecerdasan Buatan, Andi, Yogyakarta, 2006.
3.
Giarratano, J and
G. Riley, Expert System : Principle and Programming, 4th ed, PWS Kent,
USA,2004
Komentar
Posting Komentar